Buku Jelajah Dunia

“Adventure is worthwhile.” Aesop

Kutipan dari Aesop memberikan pernyataan bahwa Perjalanan adalah sesuatu hal yang berharga. Buku jelajah dunia berisi 83 tempat di berbagai dunia yang bisa dikunjungi anak-anak. Tempat-tempat yang tertulis di buku ini adalah objek wisata popular dari berbagai negara.

“Travel makes one modest. You see what a tiny place you occupy in the world.” – Gustave Flaubert

Ada kutipan bijak tentang menjelalah dunia dari Gustave Flaubert bahwa perjalanan membuat sebuah kesederhanaan. Kamu menyaksikan betapa kecilnya tempat tinggalmu di dunia.

Tempat mana yang akan kamu kunjungi?

Coba kita lihat beberapa tempat yang ada di buku Jelajah Dunia karya Leguty Family.

Pantai Tanjung Tinggi, Belitung ditulis oleh Fauzan Azizah. Pantai Tanjung Tinggi terletak di Pulau Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pantai ini berjarak 31 km dari Kota Tanjung Pandan yang merupakan Ibu kota Kabupaten Belitung. Pantai ini memiliki area seluas 80 hektar, berpasir putih, dan terdapat ratusan batu granit. Batu granit berukuran beberapa meter kubik hingga ratusan meter kubik, bahkan lebih besar dari sebuah bangunan rumah.

Pantai Tanjung Tinggi mulai dikenal dan banyak dikunjungi wisatawan sejak digunakan sebagai lokasi syuting Film Laskar Pelangi. Film ini diadaptasi dari sebuah Novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata yang juga merupakan putra asli Belitung. Pantai ini pun menjadi wisata unggulan di Pulau Belitung. Bagi kalian yang ingin berkunjung, tidak usah khawatir dengan fasilitasnya. Tidak jauh dari lokasi pantai terdapat hotel bagi yang ingin menginap. Di sekitar pantai dapat ditemukan warung-warung yang menyediakan berbagai makanan seafood. Serukan ya!

Untuk wisata di luar negeri, ada Burj Khalifa karya Ina Arrumaisha. Burj Khalifa adalah gedung tertinggi di dunia saat ini. Tingginya mencapai 828 meter dan mempunyai 160 lantai. Kami pun masuk ke dalam Gedung. Khalifa ini, selain terdapat hotel mewah juga terdapat 1000 unit apartemen, restoran, observatorium, dan perpustakaan tertinggi di dunia yang ada di lantai 123. Burj Khalifa ini dibangun selama lima tahun dengan memperkerjakan 12.000 orang.

Ada juga cerita tenatang Gunung Kilimanjaro ditulis oleh Rika Nalinda. Benua Afrika terkenal dengan gurun pasirnya. Ternyata di sana juga ada gunung tertinggi yang terkenal. Gunung satu-satunya yang puncaknya ditutupi es. Gunung itu bernama Gunung Kilimanjaro yang terletak di Negara Tanzania.

Gunung Kilimanjaro mempunyai beberapa daya tarik. Pertama, puncaknya ditutup es sehingga terlihat indah dan megah. Kedua, terdapat rintangan memanjat lapisan es yang tidak ada di gunung lainnya. Hal ini membuatnya diminati pendaki gunung. Kilimanjaro mempunyai lanskap alamnya yang indah. Pendakian Gunung Kilimanjaro sudah pernah dilakukan oleh anak usia sepuluh tahun. Bahkan pernah didaki oleh lansia dengan kondisi fisik prima. Untuk mengetahui fakta dan keunikan gunung ini, dapat dilihat pada link berikut ini https://www.ultimatekilimanjaro.com/blog/1 2-interesting-kilimanjaro-facts/ Daya tarik ketiga, keanekaragaman tanaman dan hewan tentu akan dapat ditemui selama mengunjungi Gunung Kilimanjaro. Daya tarik keempat, masyarakat setempat dikenal sebagai suku yang sangat ramah. Mereka dapat menerima pengunjung dan wisatawan dari berbagai negara yang ingin menikmati keindahan Gunung Kilimanjaro.

Selanjutnya ada tempat wisata bernama Eisriesenwelt, ditulis oleh Austria Lupi. Eisriesenwelt adalah gua batu kapur berselimut es yang berada di Werfen, Austria, dan yang terbesar di dunia. Gua Eisriesenwelt diselimuti es, suhu di gua ini berada dibawah 0 derajat celcius. Pengunjung akan terpukau dengan keindahan stalaktit dan stalakmit yang sangat indah. Pintu masuk gua seluas 20 meter, tinggi 18 meter, panjang gua 42 km. Namun, hanya 1 km yang bisa dikunjungi.

Tempat mana yang ingin kalian kunjungi? Baca dulu buku Jelajah Dunia, ya.