Kota Bogor Ikuti Lomba Kesrak PKK dan Kesehatan Tingkat Provinsi

Tim Rechecking Kesatuan Gerak (Kesrak) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kependudukan, KKBPK Kesehatan Tingkat Provinsi Jawa Barat kembali melakukan penilaian lomba Kesrak PKK KKBPK Kesehatan di Kota Bogor. (Foto: Pemkot Bogor)

Bogor- Wali Kota Bogor, Bima Arya mengatakan bahwa ada tiga karakter Kota Bogor, yakni Kesehatan, Kebudayaan dan Kebersamaan. Hal ini disampaikan saat dirinya mendampingi rombongan tim recheking di Paseban Sri Bima, Balai Kota Bogor, Jalan Ir. Juanda, Kota Bogor, Jumat (20/12/2019).

“Sejak lama Tim Penggerak PKK sudah jadi mitra Pemerintah Kota Bogor, PKK juga jadi ujung tombak kegiatan,” katanya.

Selain Bima Arya, rombongan recheking Kesatuan Gerak (Kesrak) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) Kesehatan Tingkat Provinsi Jawa Barat juga disambut Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bogor, Yane Ardian.

Menurut Arya, karakter Kesehatan, Kebudayaan dan Kebersamaan lebih di ekspose baik secara nasional maupun internasional. Dari tiga karakter ini kemudian menjadi Visi Kota Bogor, yakni Bogor sebagai kota keluarga dengan misi Kota Bogor kota sehat, cerdas dan sejahtera.

Ia menambahkan, pihaknya banyak berkoordinasi dengan Tim Penggerak PKK Kota Bogor. Hasilnya akan didapat data, informasi, dan memobilisasi warga. Mengikuti lomba pun bukan sekedar untuk menjadi juara tapi membangun sistem dan kultur.

“Semuanya berkolaborasi dan semua lomba untuk penguatan koordinasi,” katanya.

Kategori Utama Kesrak PKK

Menurut Ketua Tim Rechecking Provinsi Jawa Barat, Ricki Adriansyah, dua kategori yang dinilai kali ini ialah Kesatuan Gerak PKK dan Kategori PHBS-nya.

“Ada dua kategori yang dinilai di Kota Bogor. Kategori Kesatuan Gerak PKK dan Kategori PHBS-nya,” ujarnya.

Dua kategori ini tidak hanya menyasar program dasa wisma, tetapi juga program kampung KB dan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Terpilihnya dua kategori lomba ini dikarenakan pembangunan Kota Bogor yang cukup pesat dan adanya kepedulian Wali Kota Bogor terhadap pembinaan dasa wisma untuk penguatan keluarga.

“Kota Bogor akan bersaing dengan 16 Kota/Kabupaten lainnya untuk menjadi juara satu dan menjadi wakil Provinsi Jawa Barat di Tingkat Nasional,” imbuhnya.

Ia menuturkan, 16 kota/kabupaten yang terpilih untuk rechecking ini merupakan kota/kabupaten yang juga sudah melalui proses seleksi. Sehingga rechecking kedua kalinya ini untuk memilih kota/kabupaten terbaik mengingat Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Barat Atalia menargetkan Provinsi Jawa Barat menjadi juara satu di Nasional.

“Point penilaian sekarang harus ada Lima Mantap. Mantap Kelembagaan, Mantap Personil, Mantap Kegiatan, Mantap program, Mantap Administrasi. Dan rechecking ke lokasi sekarang untuk melihat sudah apakah pencapaian kegiatan sudah 100 persen,” jelasnya.

Add Comment