Kelurahan Cibuluh, Wisata Kampung Batik di Kota Bogor

Salah satu warga RW 04, Kelurahan Cibuluh, Bogor Utara yang sedang membuat karya batik tulis. (Foto: Pemkot Bogor)

Bogor- Pemerintah Bogor Utara telah menjadikan wilayah RW 04, Kelurahan Cibuluh, sebagai Kampung Batik. Terlihat dinding di sisi kanan kiri jalan lingkungan yang dulunya biasa-biasa saja, disulap menjadi lebih indah dengan sentuhan mural, mulai dari gambar batik hingga gambar.

Karya ini menceritakan sejarah dan kondisi Kota Bogor mulai masa 1800 hingga saat ini. Walhasil, Kampung Batik mampu menjadi daya tarik tersendiri, bahkan kini menjadi spot bagi warga yang ingin berswafoto.

Transformasi ini mendapat respon positif dari warga. Ketua RW 04 Agus Hidayat menjelaskan perubahan positif yang ditunjukkan tidak hanya sebatas fisik tetapi juga merambah pada perilaku dan kebersamaan warganya.

“Sekitar satu bulan setengah, kami melakukan persiapan ini. Bersama mahasiswa IPB, warga aktif berpartisipasi membantu, tidak hanya tenaga bahkan yang lainnya. Untuk waktu pengerjaan dilakukan sepanjang hari, kapan warga ada waktu mereka turun. Dampak paling nyata adalah warga makin kompak karena semua turun langsung membantu,” ungkap Agus.

Di awal pengerjaan, kata Agus, mahasiswa yang intens turun hanya 5 orang namun seiring waktu partisipasi mulai tumbuh. Untuk menjaga dan merawat semua yang sudah dibangun, Agus menambahkan, dilakukan warga secara swadaya, gotong royong dan berkala.

“Kegiatan ini juga untuk menjalin dan mempererat komunikasi dan silaturahmi guna menciptakan kebersamaan. Dampaknya positif dan sekarang Kampung Batik Cibuluh jadi salah satu destinasi edukasi wisata,” tambahnya.

Dukungan Kampung Batik

Dukungan juga diberikan Lurah Cibuluh Juandi Rahmaja. Ia sadar bantuan yang diberikan tidak bisa secara langsung tapi bertahap dan mengikuti prosedur.

“Sesuai arahan Pak Wali, aparatur wilayah Kecamatan Bogor Utara dan Kelurahan Cibuluh akan lebih mengarahkan potensi dan semangat warga agar terjalin sinergi dan kolaborasi sehingga apa yang sudah dibuat jadi lebih berkembang dan lebih maslahat,” kata Juandi.

Sementara itu warga RT 02 / RW 04 Hermansyah mengungkapkan saat ini kawasan tempat tinggalnya menjadi lebih bagus dan lebih bersih.

Terpisah, Kepala TK IT Bahrul Ulum Cibuluh Khairana meyakini adanya Kampung Batik Cibuluh memberikan manfaat bagi warga, salah satunya edukasi generasi muda agar tidak melakukan vandalisme di sembarang tempat.

“Dengan sentuhan beberapa pihak yang awalnya acak-acakan jadi indah luar biasa. Kini Kampung Batik Cibuluh menjadi pusat perhatian, setiap pagi saya suka memperhatikan warga yang hendak berangkat kerja, beberapa diantaranya suka menyempatkan diri untuk berswafoto,” kata Khairana.

Untuk lebih melengkapi, dibuatkan juga peta Kampung Batik Cibuluh yang menerangkan informasi tentang spot kuliner dan welcome drink, spot foto, permainan, workshop hingga museum sejarah batik bogor. Juga ada poster yang menceritakan perkembangan batik di Bogor maupun Indonesia.