Pemkot Bogor Gandeng Unpak Tingkatkan Pembangunan

Pemerintah Kota Bogor dan Universitas Pakuan (Unpak) menjalin kerja sama mengenai peningkatan pembangunan di Kota Bogor di Gedung Rektorat Unpak Bogor, Selasa (7/9/2019). (Foto: kotabogor.go.id)

Bogor – Pemerintah Kota Bogor dan Universitas Pakuan (Unpak) menjalin kerja sama mengenai peningkatan pembangunan di Kota Bogor. Memorandum of Understanding (MoU) tersebut ditandatangani Wali Kota Bogor Bima Arya dan Rektor Universitas Pakuan Bogor Bibin Rubini di Gedung Rektorat Unpak Bogor, Selasa (7/9/2019).

Bima mengatakan, sebelumnya kerja sama ini sudah ada, namun lebih kepada pembinaan kepegawaian. Ke depan kerja sama ini akan lebih fokus ke aspek-aspek lain, seperti perencanaan tata kota dan hukum, terutama tata kota karena di Bogor banyak ahlinya dan melanjutkan yang sudah dibicarakan di Institut Pertanian Bogor (IPB).

“Selain itu, Pemkot Bogor mulai tahun depan juga akan memberikan beasiswa bagi mahasiswa Unpak yang sedang menyusun skripsi mengenai Bogor, termasuk membukukan skripsi yang sudah selesai,” ujar Bima dalam situs resmi Pemkot Bogor.

Sementara itu Rektor Unpak mengatakan, pihak universitas siap membantu Pemkot Bogor. Bahkan dirinya menyebutkan bahwa yang membidangi lahirnya Unpak ialah Wali Kota Bogor, Kolonel Ahmad Syam. Kerja sama itu terus berlanjut setiap Wali Kota yang memimpin dari generasi ke generasi.

“Unpak itu harus seperti menara air yang memberikan manfaat bagi masyarakat, terutama bagi warga Bogor. Jadi bukan sebagai menara gading yang terisolir tidak memberikan apa-apa,” katanya. Dirinya menyetujui apa yang disampaikan Wali Kota Bogor. Untuk itu, pihaknya akan mengumpulkan ide dan menyumbangkan pikiran untuk membangun kota ini seperti apa ke depan.

Sedangkan terkait kerja sama yang sudah dilakukan dengan Pemkot Bogor, Bibin menyebutkan seperti proses seleksi pejabat tinggi pratama di lingkungan Pemkot Bogor. Dalam seleksi ini, Pemkot Bogor menyerahkan tim seleksi dari Unpak Bogor. “Demikian pula dengan pembinaan guru, kami membantu Pemerintah Kota Bogor dalam kegiatan ini,” tambahnya.

Penandatanganan naskah kerja sama disaksikan langsung Wakil Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim dan Yayasan Siliwangi. Hadir pula pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD), jajaran camat, serta dekan dan dosen Unpak Bogor.