APJI Kabupaten Bogor Siap Bantu Sertifikasi Halal Pelaku Usaha Kuliner

APJI menggelar sosialisai sertifikasi halal MUI dan demo masak pada Kamis (2/5/2019). (Foto: bogorkab.go.id)

Sentul – Guna mewujudkan wisata halal di Kabupaten Bogor, Asosiasi Pengusaha Jasa Boga Indonesia (APJI) Dewan Pimpinan Cabang Kabupaten Bogor mengajak para pengusaha melakukan sertifikasi halal. Melalui kegiatan sosialisai sertifikasi halal dan demo masak pada Kamis (2/5/2019), APJI siap membantu sertifikasi halal bagi pengusaha produk-produk kuliner di Kabupaten Bogor.

Ketua APJI Kabupaten Bogor Herlina Johan mengatakan, pariwisata syariah atau halal saat ini tengah berkembang dan mengalami peningkatan yang signifikan di setiap daerah. Untuk itu, kemudahan memperoleh sertifikat halal sangat diperlukan para pengusaha kuliner di Kabupaten Bogor. Bekerja sama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat, pihaknya ingin mempermudah upaya sertifikasi halal di Kabupaten Bogor.

“Melalui kegiatan ini, kami terus melakukan pembinaan, mendorong, dan meningkatkan kesadaran para pengusaha jasa boga untuk menerapkan sertifikasi halal, dan meningkatkan mutu produk mereka. Serta meningkatkan ragam kuliner khas Bogor dan mewujudkan wisata halal Kabupaten Bogor,” terangnya dalam situs resmi Pemerintah Kabupaten Bogor.

Kepala Bidang Sosialisasi dan Edukasi Halal Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetik (LPPOM) MUI Pusat Lia Amalia menuturkan, saat ini pihaknya telah menyediakan sertifikat halal berbasis online (cerol).

Melalui aplikasi tersebut diharapkan mampu mempermudah masyarakat dalam mendapatkan sertifikat halal. Karena sertifikasi ini tidak hanya akan mendorong penjualan tapi juga meyakinkan masyarakat bahwa produknya betul halal. Sebagai pasar muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki nilai tersendiri bagi pengusaha di luar negeri.

“Untuk itu, kami berharap melalui kerja sama dengan APJI Kabupaten Bogor dan aplikasi Cerol ini, pelaku usaha kuliner di Kabupaten Bogor bisa meningkatkan sertifikat halal. Serta mampu meningkatkan kualitas produk supaya bisa bersaing dengan produk luar,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bogor Rahmat Sudjana menjelaskan, pihaknya sangat mengapresiasi langkah positif yang dilakukan APJI Kabupaten Bogor. Hal itu sejalan dengan rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor untuk menciptakan wisata halal di wilayah tersebut.

Saat ini, lanjut Rahmat, terdapat sedikitnya 315 pengusaha restoran di Kabupaten Bogor. Dirinya berharap dengan fasilitas halal oleh APJI, seluruh restoran di wilayah tersebut bisa segera memiliki label halal.

“Melalui kegiatan ini, tentunya kami bisa berkolaborasi dengan APJI dalam mewujudkan wisata halal Kabupaten Bogor dengan menyajikan ragam menu makanan khas Bogor,” tuturnya.