Dosen Dr. H. Sima Merilis Buku Tentang Indahnya Toleransi di Banten

Buku berjudul “Indahnya Toleransi di Tanah Sultan” karya Dosen Universitas Pakuan Bogor, Dr. H. Sima, LC, MA, MBA resmi dirilis di Savana Camp, Kota Bogor, Kamis (16/6/2017). Buku yang merekam serba-serbi tentang Banten ini ditulis setelah penulis berkeliling Banten selama 4 Bulan.

Menariknya, ternyata buku tersebut merupakan karya Sima yang ke-153, sungguh angka yang fantastis. Sima memang sedang fokus menulis tentang kearifan lokal dari daerah-daerah di Indonesia.

“Banten merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang sangat menjunjung tinggi nilai toleransi sehingga sangat penting untuk didokumentasikan. Sebab kini toleransi mulai menjadi barang yang sangat mahal harganya,” jelasnya.

Turut hadir pula Peneliti Banten, Achmad Ubaidillah Albantany sebagai salah satu pembedah buku tersebut. “Di tengah rapuhnya budaya literasi, buku ini menjadi pendobrak kebuntuan. Tak banyak orang yang memiliki kesibukan tinggi mampu menyisihkan waktunya untuk menulis. Buku dalam bentuk bunga rampai ini cukup mengingatkan kita betapa leluhur kita di Banten begitu menjunjung tinggi toleransi,” tandas Ubaidillah.

Sima yang pernah menulis tentang budaya Minangkabau ini, rencananya juga akan menulis tentang kearifan lokal dari 34 provinsi di seluruh Indonesia.