Bogor Punya Pusat Industri Kreatif Digital DiLo

DiLo Kota Bogor bertempat di Jl. Pajajaran No. 29, Bogor. (Foto: Suut Amdani)
DiLo Kota Bogor bertempat di Jl. Pajajaran No. 29, Bogor. (Foto: Suut Amdani)

Bogor, BOGOR DAILY** Industri kreatif mengalami pertumbuhan sangat baik di Indonesia, seiring dorongan pemerintah di sektor ini. Sebagai langkah nyata mendorong pertumbuhan industri kreatif digital di daerah, PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk atau Telkom, meresmikan DiLo (Digital Innovation Lounge) di 20 kota di Indonesia.

Salah satu kota yang menjadi lokasi pendirian DiLo adalah Kota Bogor. DiLo Kota Bogor bertempat di Jl. Pajajaran No. 29, Bogor dan diresmikan, Rabu (19/11). Peresmian dilakukan oleh Indra Utoyo, Pejabat Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Telkom dan Walikota Bogor, Bima Arya.

“Bogor memiliki banyak anak-anak muda kreatif yang memiliki kemampuan handal di bidang digital. Kami yakin industri kreatif digital di kota ini akan tumbuh baik dengan modal tersebut, terlebih dengan keberadaan DiLo,” jelas Indra.

DiLo merupakan pusat interaksi peminat dan pelaku industri kreatif digital yang bertujuan menciptakan bibit-bibit digitalpreneur yang selanjutnya siap masuk ke industri. DiLo Kota Bogor menyediakan fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh digitalpreneur dan calon digitalpreneur sebagai co-working space (ruang kerja bersama), ruang meeting bersama, ruang kelas, tempat berkumpul dan berinteraksi.

Agar industri kreatif digital, yang terdiri dari industri games, animasi, aplikasi, software edukasi, dan musik digital, ini dapat menjadi kekuatan besar di masa depan, perlu dibangun ekosistem yang lengkap di tanah air. Ekosistem tersebut mulai dari penyiapan sumber daya manusia, pembentukan menjadi bibit pelaku industri kreatif digital, kompetisi, inkubasi, hingga akselerasi.

Telkom bekerjasama dengan MIKTI (Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia) dalam akselerasi dan pengelolaan DiLo sebagai penyelenggara berbagai kegiatan untuk mendukung tumbuh dan berkembangnya bibit-bibit digitalpreneur unggulan.

Kegiatan tersebut antara lain pelatihan dan workshop, business gathering, business connect untuk mempertemukan digitalpreneur potensial dengan investor atau mitra, dan kompetisi-kompetisi lokal.

Pelatihan dan workshop yang diberikan tidak hanya pelatihan hardskill tetapi juga softskill, mulai dari pemrograman, animasi, desain produk digital, hingga teknik komunikasi, karakter digitalpreneur, dan berbagai materi lainnya. Pelatihan akan melibatkan pemateri para praktisi yang kompeten dari lokal Kota Bogor dan nasional.

“Kota Bogor merupakan kota yang bersejarah, itu adalah modal yang luar biasa untuk Bogor. Namun, Bogor juga harus siap untuk masa depan. Keberadaan DILo ini diharapkan menjadi sarana untuk menumbuhkan inovasi-inovasi digital dari anak-anak muda di Kota Bogor untuk masa depan kota ini,” harap Walikota Bogor, Bima Arya.