Tapping Box Monitoring Potensi Pajak Online

Walikota Bogor, Bima Arya saat meresmikan Pajak Online e-SPTPD. (Foto: Kota Bogor)
Walikota Bogor, Bima Arya saat meresmikan Pajak Online e-SPTPD. (Foto: Kota Bogor)

Kota Bogor, BOGORDAILY – Menyusul penerapan pajak online e-SPTPD, Pemerintah Kota Bogor kini mencanagkan sistem pengawasan potensi pajak melalui pemasangan tapping box di kasir hotel, restoran, tempat hiburan dan tempat parkir. Langkah ini untuk indtensifikasi pengelolaan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Wakil Walikota Bogor Usmar Hariman mengatakan, pemasangan tapping box bertujuan agar transaksi pembayaran jasa di tempat-tempat tersebut dapat termonitor secara akurat, sehingga berdasarkan data itulah dapat diketahui besar potensinya pajak yang dapat diterima.

“Dengan digunakannya sistem pengawasan secara online, kita upayakan harapkan supaya kebocoran potensi pendapat pajak daerah bisa diminimalisir. Bukan hanya kemungkinan kebocoran yang dapat diantisipasi, tetapi dengan sistem ini pula kita dapat mengukur potensi pendapatan pajak daerah dan retribusi daerah yang sesuai dengan kenyataannya,” kata Usmar seperti dilansir laman resmi Kota Bogor, Rabu (1/10/2014) saat Rapat Paripurna DPRD Kota Bogor.

Selain menerapkan sistem pajak online, usaha meningkatkan PAD dari sektor pajak dan retribusi daerah juga dilakukan dengan cara melakukan sosialisasi tentang peraturan-peraturan pajak dan retribusi daerah.

“Hal ini dimaksudkan supaya para wajib pajak mempunyai kesadaran tentang kewajiban yang harus mereka tunaikan,” ujar dia.