BNI TapCash Resmi Jadi Alat Bayar Parkir e-Parking Stasiun Kereta

Darmadi Sutanto (kanan), Direktur Konsumer dan Ritel BNI saat mencoba pembayaran parkir e-parking Reska menggunakan BNI TapCash di Stasiun KRL Bogor. (Foto: Suut Amdani)
Darmadi Sutanto (kanan), Direktur Konsumer dan Ritel BNI saat mencoba pembayaran parkir e-parking Reska menggunakan BNI TapCash di Stasiun KRL Bogor. (Foto: Suut Amdani)

Kota Bogor, BOGOR DAILY ** Uang elektronik TapCash yang diterbitkan oleh PT Bank Negara Indonesia (persero) Tbk (BNI) resmi menjadi alat pembayaran e-Parking Stasiun KRL milik PT Kereta Api Indonesia, yang dikelola PT Reska Multi Usaha.

Selain BNI, bank lain yang turutserta dalam kerjasama tersebut ialah BCA dan Bank Mandiri. Integrasi BNI TapCash sebagai alat bayar pada sistem e-parking di 23 stasiun KRL Jabodetabek diresmikan di Stasiun Bogor, Rabu (1/10) kemarin.

Direktur PT Kereta Api Indonesia (KAI), Ignasius Jonan menyatakan, pembayaran di e-Parking Reska hanya diperbolehkan menggunakan uang elektronik dan tidak diperbolehkan menggunakan uang tunai.

”Kami terus berupaya untuk mendorong penggunaan uang elektronik, meminimalkan penggunaan uang tunai dalam layanan KAI. Sistem e-parking dengan pembayaran uang elektronik juga membuat antrean arus parkir makin cepat, karena tidak ada porses kembalian uang di gate parkir,” kata Ignasius.

Sementara itu, Darmadi Sutanto, Direktur Konsumer dan Ritel BNI mengatakan, kerjasama e-parking ini dalam rangka membangun ekosistem transaksi uang elektronik di sektor tansportasi.

Adapun mekanisme penggunaan kartu BNI TapCash saat masuk area e-parking Reska, pengguna tinggal menempelkan BNI TapCash di gate-in sampai gate terbuka. Begitu juga saat ke luar gate parkir.

Satu kartu BNI TapCash hanya dapat digunakan untuk sekali akses e-parking, satu kendaraan dalam satu periode parkir di lokasi yang sama. Akses masuk dan ke luar parkir harus menggunakan satu kartu BNI TapCash yang sama.

”Sejak Februari 2014, pemegang BNI TapCash telah mencapai lebih dari 185.000 orang pengguna aktif dengan jumlah transaksi lebih dari 200.000 transaksi setiap bulan. Jumlah yang masih relatif belum banyak di industri uang elektronik, namun saya yakin akan terus meningkat ke depan, apalagi kami sedang mempersiapkan fitur-fitur unggulan untuk meningkatkan benefit BNI TapCash ke depan,” terang Darmadi.

Benefit lain yang diperoleh oleh customer pemilik kartu TapCash, yaitu pengendara dapat menggunakan kartu TapCash untuk bertransaksi di merchant bertanda TapCash, dan bisa menikmati tawaran diskon tertentu.

Kartu BNI TapCash juga mudah untuk diisi ulang melalui EDC di merchant cabang BNI, ATM BNI yang terdapat logo TapCash dan SSTU (Self Service Top Up). SSTU merupakan media top-up yang dimiliki BNI dan ditempatkan di semua area Reska.