Bangun Jiwa Entrepreneur Siswa Lewat PLK Youship

Salahsatu stand milik siswa menjual produk kuliner.
Salahsatu stand milik siswa menjual produk kuliner.

Kabupaten Bogor, BOGORDAILY – Membangun jiwa entrepreneur atau wirausaha bisa dilakukan sejak dini pada siswa sekolah menengah pertama (SMP). Nilai-nilai entrepreneur ini juga ditularkan dalam kegiatan PLK (Pembelajaran Lintas Kurikulum) SMPIT Ummul Quro Bogor bertajuk Youship (Young Entrepreneurship), Selasa (30/9/2014).

“Dalam kegiatan PLK Youship, siswa ditugaskan untuk mempelajari dan mengalami secara langsung berwirausaha, melalui perencanaan pembuatan produk dan usaha, hingga cara promosi dan hitung-hitungan untung rugi dalam kegiatan nyata,” terang Rina Hesti, ketua pelaksana PLK Youship, didampingi Gita Susilowati, SIE Acara.

Gelaran selama dua hari ini, 29-30 September, siswa menjual produk-produk makanan dan minuman di stand. Transaksi penjualan berlangsung meriah dengan target konsumen adik kelas SDIT dan kakak kelas di SMP.

”Siswa juga melakukan promosi, bagaimana menawarkan, membuat iklan dalam pamflet, kreasi stand, dan dresh code,” tuturnya.

Kegiatan ini disebut PLK, lantaran dalam satu kegiatan mencakup empat mata pelajaran di dalamnya, yakni matematika, PKN, IPS dan PAI.

”Siswa belajar matematika aritmatika sosial dalam menghitung laba, menentukan harga dan kebutuhan uang saat produksi. Sedangkan matapelajaran IPS saat siswa bersosialisasi dalam transaksi penjualan,” terangnya.

Sedangkan, mata pelajaran PKN didapatkan siswa dari kegiatan bakti sosial membersihkan lingkungan sekitar sekolah, khususnya jalur yang sering dilewati.

”Untuk PAI, kita latih empati sosial. Kita adakan bazaar baju murah untuk warga. Bazaar pakaian layak pakai dijual Rp1.000 – Rp10.000,” terangnya.

Dalam satu kegitan ini, lanjut dia, ada pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013, dan penilaian untuk siswa yang juga terukur melalui nilai-nilai karakter siswa.