Waspadai Peredaran Narkoba di Lingkungan Sekolah

Fahrudin Sukarno (baju biru). (Foto: Suut Amdani)
Fahrudin Sukarno (baju biru). (Foto: Suut Amdani)

BD, BOGOR – Narkoba, zat haram perusak generasi muda ini rupanya menjadi hal yang paling diawasi peredaranya di lingkungan sekolah. Ya, narkoba memang menjadi ancaman bagi para siswa sekarang ini.

”Pengguna narkoba usia remaja makin memprihatinkan. Bogor menjadi daerah urutan ke dua, setelah Bandung Barat, tingkat penggunaan narkoba oleh remaja, paling tinggi,” kata Fahrudin Sukarno, Dosen Universitas Ibnu Khaldu Bogor, beberapa waktu lalu di Kota Bogor.

Fahrudin mengingatkan, kemungkinan peredaran narkoba masuk dalam lingkaran usia sekolah tingkat SMA, bahkan SMP, wajib diwaspadai. ”Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, sudah warning kepada pendidik agar lebih memperketat pengawasan peredaran narkoba di lingkungan pendidikan,” katanya.

Ia menyebut, tidak hanya pengawasan, langkah atisipasi bisa dimulai dari peningkatan pemahaman siswa terhadap narkoba. ”Bisa dilakukan melalui seminar-seminar tentang bahaya narkoba. Dalam waktu dekan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat akan menggandeng sekolah di Bogor untuk memperbanyak seminar tentang narkoba,” tuntasnya.