SDIT Ummul Quro Bogor Kenalkan Budaya Nusantara

Baju Daerah – Siswa SDIT Ummul Quro Bogor menampilkan baju daerah dalam ’Kulintang Mantap’. (Foto: UQ)
Baju Daerah – Siswa SDIT Ummul Quro Bogor menampilkan baju daerah dalam ’Kulintang Mantap’. (Foto: UQ)

BOGOR, BD – Banyak cara menyenangkan untuk mengenalkan siswa tetang keragaman budaya nusantara. Salahsatu cara yang ditempuh SD IT Ummul Quro Bogor yakni kegiatan Kebudayaan Nusantara Luas Terbentang, Mari nikmati dan Pelajari (Kulintang Mantap), Jumat pekan lalu.

Kegiatan pembelajaran terpadu kali keempat yang dilakukan setiap tahun ini diikuti 120 siswa kelas I. Siswa secara langsung merasakan, mengenakan pakaian adat, melihat langsung benda kebudayaan seperti senjata, dan menikmati secara langsung kuliner khas tiap daerah.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengenalkan berbagai suku bangsa di Indonesia, dengan lebih konkrit karena anak bisa langsung melihat pakaian adat tiap suku, merasakan makanan khasnya, juga untuk melatih keberanian siswa dengan cara menampilkan mereka di sebuah panggung utama dengan mengenakan pakaian daerah seperti Sunda, Jawa, Betawi, dan Minang,” terang Siti Jumsiah S.Pd ketua Pelaksana, kemarin.

Siti mengatakan, diharapkan siswa dapat dengan mudah memahami pelajaran yang terkait dengan Pelajaran Pendidikan Kewarnegaraan, Bahasa Indonesia dan Matematika.

“Sejalan dengan pendidikan karakter Kurikulum 2013, juga pendidikan terintegrasi,” imbuhnya.

Menurut dia, dengan cara mengalami secara langsung, siswa dengan mudah mengingat keragaman budaya nusantara.