Pembayaran Pajak Online, Komitmen Pemkot Bogor Dongkrak Pendapatan Daerah

Foto: Pemkot Bogor
Foto: Pemkot Bogor

Kota Bogor, BD ** Seperti diketahui, sumber pendapatan terbesar pemerintah adalah pembayaran pajak warga. Meski demikian, bukan hal mudah memasyarakatkan pembayaran pajak.

Untuk menekan kebocoran pendapatan anggaran, khususnya dari sektor Pendapatan Asli Daerah dari Wajib Pajak, Walikota Bogor, Bima Arya, mencetuskan pengembangan aplikasi sistem pembayaran Online secara Host to Host dan pelaporan pajak daerah berbasis teknologi informasi atau yang disebut dengan e-SPTPD.

Peresmian pembayaran pajak online dilakukan oleh Wali Kota Bogor di Kantor Dinas Pendapatan Daerah Kota Bogor, awal bulan ini. Pajak yang dimaksud adalah pajak hotel, restoran, hiburan, parkir, dan air.

Pembayaran pajak online e-SPTPD adalah sistem aplikasi yang dibangun berbasis web, serta dikembangkan sebagai sarana Wajib Pajak untuk melaporkan dan membayar kewajiban pajak daerahnya secara online, serta dapat diakses di mana saja.

Dilansir Dinas Pendapatan Daerah Kota Bogor, Bima Arya mengatakan, tujuan dikembangkannya e-SPTPD adalah mengamankan optimalisasi penerimaan dari sektor pajak daerah. Bima mengatakan, sistem ini akan menjunjung tinggi asas transparasi pengelolaan pajak daerah, meminimalisasi potensi penyimpangan dalam penerimaan pajak di lapangan, serta upaya peningkatan pelayanan kepada Wajib Pajak.

“Sistem pembayaran pajak online ini dikembangkan untuk meminimalisasi pertemuan antara petugas pajak dengan Wajib Pajak, sehingga menghindarkan dari hal-hal yang tidak diinginkan,” tegas Bima.

Penerapan sistem online ini menjadi yang pertama di Jawa Barat dan dilakukan Host To Host antara Dispenda dengan bank, sehingga data yang masuk ke Dispenda sama dengan yang diterima bank secara realtime.

Sistem online ini, sambung Bima, merupakan upaya peningkatan pelayanan terhadap Wajib Pajak dan mewujudkan Kota Bogor sebagai smart city. Dengan sistem ini, warga tidak perlu repot antre di bank yang ditunjuk. Warga hanya perlu mengakses website e-sptpd.kotabogor.go.id dengan mobile banking Bank Jabar Banten (BJB) di seluruh Indonesia.

Website e-sptpd.kotabogor.go.id merupakan aplikasi yang dikembangkan sebagai sarana self assesment (pajak hotel, hiburan, restoran, dan parkir). Bisa diakses melalui anjungan e-SPTPD yang disediakan pada tempat pembayaran Bank BJB di seluruh Kota Bogor dan jaringan internet. Aplikasi ini terkoneksi secara realtime dengan Sistem Pajak Daerah (SIP DEH) di Kota Bogor.

Bima mengungkapkan, pajak online dapat meminimalisasi ruang gerak mafia pajak dan perizinan di Kota Bogor. Menurutnya, teknologi bisa mengurangi interaksi antarmanusia dan peluang mafia pajak untuk kolusi dan korupsi.