Motor Sport Premium Masa Depan Penjualan Yamaha

Motor Sport - Yamaha R25, motor sport berkubikasi 250 cc ini tengah diminati orang Bogor. (Foto: Suut Amdani)
Motor Sport – Yamaha R25, motor sport berkubikasi 250 cc ini tengah diminati orang Bogor. (Foto: Suut Amdani)

Kota Bogor, BD – Penjualan Yamaha di segmen motor sport selama Januari-Agustus tercatat mencapai 363.690 unit secara nasional. Untuk bulan Agustus 2014, penjualan motor sport Yamaha mencapai 47.836 unit dengan penjualan tertinggi dari varian Yamaha V-Ixion sebanyak 39.912 unit.

V-Ixon menjadi produk yang berkontribusi besar untuk penjualan motor sport Yamaha. Bukan hanya di Agustus, dalam 8 bulan pertama 2014 penjualannya sudah mencapai 311.011 unit.

”Yamaha masih mempertahankan kedigdayaannya di segmen sport berkat kepercayaan konsumen dan juga komunitas yang tetap memilih motor Yamaha sebagai produsen motor sport yang kualitasnya terbukti nomor satu,” ujar Mohammad Masykur, Asisten GM Marketing Yamaha Indonesia dalam siaran persnya, Senin (22/9).

Untuk model baru yaitu R15 penjualannya tercatat sebanyak 4.096 unit pada Agustus 2014 dan total penjualannya semenjak diluncurkan yaitu Mei 2014 adalah sebanyak 19.914 unit. Sedangkan R25 sudah terjual 3.530 unit semenjak dilucurkan hingga Agustus lalu.

Pasar Bogor

Di wilayah Bogor, produk Yamaha di kelas sport juga ditasbihkan menjadi masa depan penjualan, meski tipe matik masih dominan hingga 73 persen.

“Dua produk Yamaha terbaru di segmen sport premium Yamaha R15 dan R25 membuka peluang baru penjualan Yamaha di Bogor. Kami yakini peminat motor kelas ini terus bertambah,” kata Oki Mulia Hartono, Kepala Cabang Dealer Resmi Yamaha Aneka Jasa Motor, kemarin.

Motor sport premium Yamaha kini dijual secara eklusif di dealer bertanda khusus. “Tidak semua dealer bisa menjual, karena ada beberapa persyaratan. Salahsatunya, layanan service khusus untuk produk tipe permium ini. Di bengkel kami misalnya ada pit khusus untuk motor R15 dan R25, ada penanganan berbeda, begitu juga alatnya,” katanya.

Di Bogor, dua produk premium Yamaha ini dijual secara inden melalui dealer. “Masih inden, tidak lebih dari dua bulan. Pemintanya sudah mulai terlihat di Bogor. Memang paling besar dari komunitas pecinta motor sport,” tuturnya.

Di Bogor, Yamaha R15 dibanderol Rp29 jutaan, dan R25 seharga Rp53 jutaan. Motor premium ini bisa dibawa pulang secara kredit dengan uang muka minimal 20 persen. Harga ini bersaing ketat dengan penghuni pasar yang lebih dulu hadir Kawasaki Ninja 250R.