Gizi Siswa Seimbang Lewat Program Kantin Sehat

Kantin - Tim tengah mengamati pola jajan siswa di kantin sekolah. Gizi menjadi salahsatu faktor penting bagi siswa. (Foto: Dok)
Kantin – Tim tengah mengamati pola jajan siswa di kantin sehat sekolah. Gizi menjadi salahsatu faktor penting bagi siswa. (Foto: Dok)

BD, BOGOR – Tidak hanya ketekunan, gizi seimbang juga menjadi salahsatu faktor keberhasilan siswa, khususnya anak SD untuk berprestasi dan mengikuti kegiatan belajar di sekolah.

”Gizi seimbang ini artinya siswa tidak dalam keadaan kelebihan gizi atau kekurangan gizi. Melalui program Kantin Sehat Umami, model monitoring keseimbangan gizi siswa dapat terpantau,” terang Dr. Pamungkas Hendra, Direktur Rumah Zakat, didampingi Suhartono saat meninjau lokasi kantin sehat di sekolah dasar islam terpadu Ummul Quro Bogor, Selasa (16/9).

Pamungkas mengatakan, program corporate social responsibility produsen Ajinomoto asal Jepang ini bertujuan untuk memberikan edukasi cara hidup sehat secara langsung, baik untuk siswa, guru, dan orang tua.

”Program gizi seimbang melalui kantin sehat ini dilaksanakan di sekolah, dan para orang tua juga melaksanakan pengwasan saat di rumah. Rencananya, program ini akan berjalan selama 3 tahun, lalu berikutnya sekolah bisa melanjutkan,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Yayasan Ummul Quro, Syamsuddin menyambut gembira dengan model kantin sekolah. ”Salah satu indikator pendidikan yang baik tentu saja dari berbagai aspek. Selain model mendidiknya bagus, standar kantin sekolah juga harus baik,” kata dia.

Syamsuddin juga menyebut, Ummul Quro telah menjadi model contoh selolah berkonsep Islam Terpadu di Indonesia. ”Sekolah ini menjadi contoh banyak sekolah islam terpadu lain di Indonesia. Jadi kami harap model kantin sehat ini bisa diterapkan di berbagai sekolah lainnya,” pungkasnya.