Pecah Rekor Melalui Menu Olahan Ikan

Sebanyak 680 resep kuliner olahan ikan memecahkan Rekor Museum Rekor Indonesia (MURI). kegiatan dilakukan di Pedestrian Kebun Raya Bogor, jalan Pajajaran Kota Bogor, Minggu (24/09/2017). (Sumber: Pemkot Bogor)

Bogor, BOGORDAILY.COM ** Penyajian 680 resep kuliner olahan ikan sukses memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI). Kegiatan tersebut digelar di Pedestrian Kebun Raya Bogor, Minggu (24/09/2017).

Pemecahan rekor MURI tersebut menjadi bagian dari rangkaian Kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) yang dilaksanakan Dinas Pertanian (Distan) Kota Bogor dan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kota Bogor. Penyajian 680 kuliner olahan ikan diikuti masyarakat Kota Bogor dari 68 kelurahan serta kalangan perhotelan yang ada di Kota Bogor.

Dilansir dari laman Pemkot bogor, panjang meja untuk menyajikan makanan olahan ikan tersebut mencapai lebih dari 600 meter. Sebelumnya rekor untuk kategori menu olahan ikan pernah dipecahkan di Kota Batam dengan 562 menu.

Diberitakan, kegiatan tersebut juga menarik perhatian Presiden Indonesia, Joko Widodo. Di sela kegiatan olahraga pagi, Presiden Joko Widodo datang untuk melihat suguhan menu kuliner yang ada.

Kuliner olahan ikan yang disajikan warga berasal dari ikan laut maupun tawar. Bahkan ada pula menu dari rumput laut. Seperti dodol rumput laut, cake rumput laut, stik bawang rumput laut, donat rumput laut dan sebagainya. Cara pengolahan menu pun beragam.

Bukan hanya diolah dengan cara dibakar atau digoreng, tetapi menu dibuat dengan berbagai kreasi. Misalnya saja rolade tenggiri, kerupuk lele, biskuit butter coklat lele, pizza sarden keju, tom yam sarden dan sebagainya.

Turut memeriahkan Festival Kuliner Olahan Ikan 2017 adalah Kungfu Chef Muto dan Sisca Soewitomo mereka dikenal dalam acara memasak di layar televisi. Selain memberikan pemahaman tentang kandungan gizi dan protein yang ada dalam ikan yang sangat baik bagi manusia, Chef Muto juga turut memasak olahan ikan dengan menggunakan saus berbahan talas.

Add Comment