Alumni Fahutan IPB Galang Dana Untuk Rohingya

Bogor, 13 September 2017

Penderitaan yang dialami oleh etnis Rohingnya di Provinsi Arakan, Myanmar akibat konflik berkepanjangan sungguh memprihatinkan. Ribuan warga Rohingnya dikabarkan meninggal dan puluhan ribu lainya terpaksa mengungsi untuk menghindari bentrok dengan Tentara Myanmar. Kondisi mereka di pengungsian pun mengenaskan karena hidup tanpa kewarganegaraan dengan berbagai keterbatasan.

Tragedi tersebut mengetuk hati banyak pihak, termasuk Himpunan Alumni Fakultas Kehutanan, Institut Pertanian Bogor (HA-E IPB). Tak hanya mengecam kejadian keji tersebut, para rimbawan juga mengumpulkan donasi yang akan disalurkan untuk masyarakat Rohingya di Pengungsian.

“Kejadian yang menimpa Saudara kita di Rohingnya merupakan tragedi kemanusiaan yang sangat memprihatinkan. Simpati dan empati seluruh Alumni Fakultas Kehutanan IPB merupakan wujud kepedulian sekaligus ungkapan setia kawan bahwa segala bentuk penindasan harus dilawan dan dienyahkan dari muka bumi,” ujar Dekan Fakultas Kehutanan IPB, Dr. Ir. Rinekso Soekmadi, M.Sc.F.Trop., Kamis, 13 September 2017.

Kepedulian serta solidaritas atas nama kemanusiaan, selaras dengan semangat dan jiwa rimbawan. “Saya sangat bangga atas kekompakan dan semangat solidaritas sosial para alumni Fakultas Kehutanan IPB. Semoga ungkapan rasa kasih kemanusiaan ini bermanfaat bagi Saudara kita di Rohingnya dan diganjar berlipat oleh Allah SWT,” imbuh Dekan Rinekso.

Bantuan yang disalurkan merupakan sumbangan dari alumni Fakultas Kehutanan IPB yang ada di seluruh Indonesia. Donasi terkumpul sejumlah Rp 101.600.000 (seratus satu juta enam ratus ribu rupiah) diserahkan oleh Ketua Umum Himpunan Alumni Fakultas Kehutanan IPB, Ir. M. Awriya Ibrahim, M.Sc. dan Dekan Fakultas Kehutanan IPB, Dr. Ir Rinekso Soekmadi, M.Sc.F.Trop. kepada perwakilan Aksi Cepat Tanggap (ACT), Ahmad Muslim pada hari Kamis, 14 September 2017 di Kampus Fakultas Kehutanan IPB. ACT diketahui telah beberapa waktu terjun langsung ke Myanmar.

Dana bantuan yang terkumpul hanya dalam kurun waktu kurang lebih satu minggu ini membuktikan bahwa kepedulian dan kepekaan sosial, tanpa memandang ras, kebangsaan maupun agama, sudah mewabah di seluruh Alumni Fakultas Kehutanan IPB.

Ketua Himpunan Alumni Fakultas Kehutanan IPB, M. Awriya Ibrahim menyatakan salah satu kegiatan himpunan adalah kepedulian sosial yang diwadahi dalam program Care and Respect. Selain bantuan kemanusian untuk masyarakat Rohingya, selama ini HA-E IPB juga kerap memberikan bantuan sosial di berbagai wilayah di Indonesia yang terkena bencana.

program Care and Respect, HA-E IPB juga menyalurkan dana perhatian bagi alumni dan keluarganya yang sakit dan meninggal, serta memberikan beasiswa kepada mahasiswa Fakultas Kehutanan IPB yang kurang mampu. Khusus butir terakhir, diperlukan kerjasama dan komunikasi yang baik antara Fakultas dan Himpunan Alumni.

“Kami bersyukur dan bangga karena Pak Dekan giat membangun komunikasi dengan Alumni dan sangat mendukung program Care and Respect”.

Sebagai informasi, Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor telah menghasilkan lebih dari 8.000 lulusan dari jenjang sarjana, magister dan doktoral. Para alumni Fakultas Kehutanan IPB tersebut saat ini banyak berkiprah di berbagai macam sektor, namun, tetap disatukan dalam semangat dan jiwa korsa rimbawan

 

Add Comment