The Highland Park Resort Lengkapi Tamansari Jadi Andalan Baru Pariwisata Kabupaten Bogor

ANDALAN BARU - The Highland Park Resort dapat menjadi andalan baru pariwisata Kabupaten Bogor. (Foto: Suut Amdani)
ANDALAN BARU – The Highland Park Resort dapat menjadi andalan baru pariwisata Kabupaten Bogor. (Foto: Suut Amdani)

Tamansari, BOGOR DAILY ** Sejak lama, pariwisata Kabupaten Bogor identik dengan Kawasan Puncak, Cisarua. Namun kini, Kecamatan Tamansari dapat menjadi gambaran pariwisata terbaru Kabupaten Bogor. Kecamatan ini dapat ditempuh dua jam perjalanan dari Jakarta.

“Tamansari sangat berpotensi dikembangan sebagai destinasi wisata di Kabupaten Bogor. Di lokasi ini ada Curug Luhur, Curug Nangka, Pura Jagatkarta, dan The Highland Park Resort yang menjadi ikon akomodasi wisata terunik di kawasan Asia, dengan konsep Mongolian Camp,” terang Hotel Manager The Highland Park Resort, I Made Candra, kepada Bogor Daily, beberapa waktu lalu.

Candra mengatakan, resort berkonsep tenda Mongolia di Indonesia, bahkan di kawasan Asia, hanya ada di Kabupaten Bogor. Destinasi Mongolian Camp itu dibangun PT Karunia Sejahtera Indah.

“Sangat pas rasanya jika Ciapus menjadi kover depan pariwisata Kabupaten Bogor. Ini juga menjadi terunik di Indonesia dan pertama di Asia,” ucap Candra.

Untuk diketahui, The Highland Park Resort berada di Jalan Ciapus-Curug Nangka, Kampung Sinarawangi, Sukajadi, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor.

Menurut Candra, The Highland Park Resort yang berada di area seluas 11 hektar awalnya merupakan pembibitan bunga dan berkembang menjadi akomodasi penginapan wisata.

Umumnya, tamu yang menginap di The Highland Park Resort untuk gathering dari beragam korporat besar, lantaran area outbond dan camp tipe barak yang bisa menampung puluhan orang.

The Apache Camp

Setelah sukses dengan Mongolian Camp, PT Karunia Sejahtera Indah menghadirkan konsep resort baru, The Apache Camp.

Daud Ibrahim CEO PT Karunia Sejahtera Indah saat peluncuran The Apache Camp, mengatakan, okupansi The Highland Park Resort Bogor saat ini berada di kisaran 40 persen.

“Kami berharap dengan hadirnya The Apache Camp dapat mendongkrak jumlah pengunjung. Dengan begitu, pajak yang kami bayarkan ke pemerintah bisa meningkat pula,” tuturnya.

Daud berujar, PT Karunia Sejahtera Indah menjadi usaha taat pajak di Kabupten Bogor tahun 2013 dan 2014.

“Di tahun mendatang, kami sudah berencana membangun hotel dan fasilitas baru, yakni lapangan tembak,” ungkapnya.

Launching mengundang beberapa agen wisata asal Jakarta. Sejumlah agen mengeluhkan kecilnya jalur menuju The Apache Camp. Juga belum tersedianya shuttle bus pariwisata di Kabupaten Bogor.