Industri Kreatif Kaos Unchal Berkibar

Dody (kiri) Luthfi (kanan) menunjukkan beberapa desain unik Kaos Unchal. (Foto: Suut Amdani)
Dody (kiri) Luthfi (kanan) menunjukkan beberapa desain unik Kaos Unchal. (Foto: Suut Amdani)

Bogor, BOGOR DAILY ** Merintis industri kreatif sejak 2010 dan berkembang hingga sekarang bukan perkara gampang. Empat pemuda Bogor, Luthfi, Dody, Hilai dan Jati, harus konsisten memutar otak berinovasi dalam produk kaos Unchal oleh-oleh khas Bogor.

Awalnya, Unchal hanya mampu terjual 100 potong per bulan. Kini, tak kurang dari 4.000 potong kaos Uchal ludes terjual dalam sebulan melaui sejumlah outlet yang ada di Toserba Yogya Junction, Yogya Jalan Baru, Botani Square, Pertokoan Roti Venus.

“Antusias warga Bogor dan wisatawan terhadap kaos Uchal oleh-oleh khas Bogor sangat besar seiring berjalannya waktu,” terang Dody.

Unchal fokus pada industri kreatif yang selalu menyampaikan pesan untuk mengunjungi Bogor melalui kaos menjadi pembeda dari produk lain di bisnis clothing factory.

Harga yang cukup terjangkau Rp90 ribu sampai Rp100 ribu memungkinkan para pelanggan loyalnya mengoleksi desain kaos Unchal. Hingga kini tak kurang dari 100 desain tentang Bogor dicetuskan Unchal di tangan dingin Luthfi.

“Sempat produk kita di tiru orang lain dengan desain yang hampir sama. Awalnya saya kecewa, tapi itu sudah lewat. Di bisnis industri kreatif kita harus terus inovatif, selalu ada produk baru yang fresh. Jadi kini kita faham, sekuat apapun produk ini di bajak akan tetap berkembang, karena setiap bulan kita rilis desain baru,” kata Luthfi.

Luthfi juga merancang desain kaos Unchal dengan isu kekinian. Misalnya, saja desain tahun 2015 ini, Unchal juga menangkap tema naiknya ongkos angkot di Bogor, serta Trans Angkot menyambut sekuel film terbaru Transformer.

“Kita mencoba menangkap isu apa yang tengah hangat di tengah masyarkat. Lalu kita tuangkan dalan desain plesetan melalui kaos Unchal,” ungkapnya.

Tema kuliner Bogor juga menjadi salahsatu favorit desainer muda ini. Misalnya, ada Lapis Bogor yang digambarkan melalui plesetan logo celana terkenal Levis. Ada juga Tahu Gejrot dan Bajigur.

Unchal kini tengah menggarap isu regional Jawa Barat. “Permintaan dari orang Bandung kini mulai terlihat pada produk Unchal. Makannya, kami juga mulai memikirkan isu Jawa Barat. Ini ekspansi pasar yang tidak kami duga sebelumnya, kita tahu Bandung gudangnya kreativitas fashion, dan dari Bogor kita bisa ikut mewarnai Bandung,” ungkapnya.

Tak lantas berbangga diri, Unchal terus konsisten dengan inovasi baru di industri kreatif. Kini, Unchal juga merambah dunia aksesori fashion, seperti Topi hingga Mug dan Tas Tote.