Liburan Sehari di Kota Bogor

Stasiun Besar Kota Bogor, pintu gerbang wisata. (Foto: Net)
Stasiun Besar Kota Bogor, pintu gerbang wisata. (Foto: Net)

Bogor, BOGOR DAILY** Ingin menjauh dari hiruk pikuk Kota Jakarta, tapi tak punya banyak waktu liburan? Jangan kuatir, Kota Bogor bisa jadi destinasi liburan bagi Anda yang padat rutinitas. Cuma butuh 1 hari, pikiran dijamin kembali segar!

Jika ingin berbeda, cobalah sambangi Bogor dengan transportasi publik. Sebab, Kota Bogor yang terkenal dengan sejuta angkotnya, juga memudahkan anda mencapai berbagai destinasi pilihan.

Ada baiknya, berangkat di pagi hari sekitar pukul 07.00 WIB, menggunakan kereta komuter dari stasiun-stasiun di Jakarta. Tiba di Stasiun Bogor jangan dulu beranjak menjauh. Luangkanlah waktu untuk sarapan soto mie Bogor atau toge goreng di sekitar stasiun. Jalanlah ke Pasar Anyar atau Jembatan Merah untuk mencari makanan ini. Soto mie dan toge goreng ini terkenal sangat nikmat, harganya pun murah.

Perut terisi, saatnya berjalan kaki sekitar 300 meter menuju pagar Istana Bogor di Jl Ir H Juanda. Di pagar istana ini, Anda bisa langsung memberi makan rusa istana!

Puas memberi makan rusa, saatnya mencegat angkot nomor 02 untuk turun di depan pintu masuk Kebun Raya Bogor (KRB). Anda bisa menjelajahi kebun yang asri ini dan berfoto-foto di dalamnya. Mumpung masih pagi, nikmatilah oksigen bersih di kebun peninggalan Belanda ini.

Saatnya makan siang. Susurilah Jalan Suryakencana dan carilah Gang Aut. Di sini terdapat banyak gerobak dan warung kuliner khas Bogor: Soto Pak Yusuf, Mie Sehat, toge goreng, Bakso Kikil Mang Jaka, laksa, asinan jagung, es pala, dan lain-lain.

Anda bisa berjalan kaki menuju Kelenteng Ho Tek Bio. Ini adalah kelenteng tertua di Bogor. Nama lainnya adalah Vihara Dhanagun, yang berlokasi di Jl Suryakencana No 1. Atmosfer dan interior serba merah di kelenteng ini sangat cantik saat diabadikan dalam kamera.

Dari depan kelenteng ini, cegatlah angkot nomor 13 menuju SKI Tajur di Katulampa. Ini adalah tempat wisatawan belanja tas dan oleh-oleh khas Bogor. Setelah berbelanja, naiklah angkot yang sama menuju Ruko V Point untuk membeli Roti Unyil Venus. Anda yang doyan asinan bogor bisa jalan kaki sekitar 500 meter menuju Asinan Gedung Dalam.

Naik angkot nomor 13 kembali ke Tugu Kujang untuk lanjut naik angkot nomor 08A ke Taman Kencana. Inilah tempat Anda menghabiskan malam barang sebentar. Duduk-duduk di taman sambil menikmati kuliner khas kota ini, laksa misalnya.

Mau sedikit elit? Datangilah restoran Macaroni Panggang dan Apple Pie, Lasagna Gulung, atau mencicipi manisnya kue khas Belanda di Klappertaart Huize. Nikmatilah malam di Kota Hujan ini sebelum tiba pukul 21.00 WIB agar masih kebagian kereta komuter dari Stasiun Bogor ke Jakarta.