Kain Shibori Jadi Produk Kreatif Kota Bogor

Kain Shibori yang dikembangkan oleh Susi. (Foto: Suut Amdani)
Kain Shibori yang dikembangkan oleh Susi. (Foto: Suut Amdani)

Kota Bogor, BOGOR DAILY** Kain Shibori yang dikembangkan oleh Susi, kian mendapat tempat dihati masyarakat Kota Bogor. Keindahan warna dan motif sisik ikan khas kain Shibori asal Kota Bogor, tak bisa ditolak kaum hawa untuk mengenakannya.

“Shibori sebenarnya merupakan kain khas Jepang dengan tehnik jumputan. Namun, kini di Jepang sudah mulai sulit ditemukan, karena pengrajinya sudah jarang. Langka dan istimewa, ini menjadi peluang yang saya ambil dalam mengembangkan kain Shibori di Kota Bogor,” terang Susi, Senin (9/12/2014).

Produk kreatif ini pun didaulat menjadi salahsatu produk unggulan Kota Bogor. Kain yang sebenarnya khas Jepang, kini menjadi khas Kota Bogor. Bukan mustahil, orang Jepang bakal berburu Shibori di Kota Bogor.

“Tehniknya saja yang kita ambil, selebihnya mulai dari motif dan keragaman pewarnaan Shibori Kota Bogor dan Shibori Jepang sangat berbeda,” terangnya.

Shibori khas Kota Bogor kini memperkaya khasanah produk kreatif di Kota Hujan. Shibori juga memiliki kemiripan dalam proses pewarnaan laiknya pada batik khas Indonesia.

Kemarin, Shibori juga memperkuat khasanah produk Kelurahan Cilendek Timur, Kecamatan Bogor Bara, Kota Bogor, saat penilaian lomba 10 program Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2014.

Ketua TP PKK Kota Bogor, Yane Ardian pun memberikan suport kepada kaum ibu rumahtangga yang kreatif mengembangkan produk berbasis masyarakat. Bahkan, Yane fasih menjelaskan bagaimana kain Shibori diproduksi secara handmade oleh pengrajin asal Cilendek Timur kepada tim penilai.

Kain Shibori dipasarkan dengan harga Rp290 ribu sampai Rp350 ribu per potong dan Rp500 ribu untuk baju berbahan Shibori. Kini, dalam sebulan Susi bisa menjual tak kurang dari 100 potong Shibori.

“Sudah banyak dipakai, misalanya seragam PKK Kota Bogor, para istri anggota dewan, dan beberapa menyusul,” pungkasnya.