Bank Muamalat Jalin Kerjasama dengan IPB

Nota kesepahaman antara Bank Muamalat dan IPB ditandatangani oleh Direktur Bisnis Ritel Bank Muamalat – Adrian A. Gunadi dan Rektor IPB – Prof. Herry Suhardiyanto. (Foto: Suut Amdani)
Nota kesepahaman antara Bank Muamalat dan IPB ditandatangani oleh Direktur Bisnis Ritel Bank Muamalat – Adrian A. Gunadi dan Rektor IPB – Prof. Herry Suhardiyanto. (Foto: Suut Amdani)

Dramaga, BOGOR DAILY** PT Bank Muamalat Tbk. memantapkan penetrasi produk dan layanan perbankan di lingkungan akademik, melalui jalinan kerjasama dengan perguruan tinggi terkemuka di Indonesia, yakni Institut Pertanian Bogor (IPB).

Nota kesepahaman antara Bank Muamalat dan IPB ditandatangani oleh Direktur Bisnis Ritel Bank Muamalat – Adrian A. Gunadi dan Rektor IPB – Prof. Herry Suhardiyanto, belum lama ini di Kampus IPB Dramaga, Bogor.

Kerjasama yang bakal berlangsung dalam jangka waktu 5 tahun mendatang ini dalam bidang pendidikan, penelitian, bisnis, dan pengabdian kepada masyarakat.

Rencana kerjasama meliputi pemanfaatan produk dan layanan perbankan dalam pengelolaan keuangan, pemanfaatan mobile branch Bank Muamalat untuk kebutuhan penglolaan keuanga, kerjasama pengembangan Bisnis Center di area Bisnis Center IPB, serta kerjasma lainnya.

”Akademisi merupakan patner strategis dalam memasyarakatkan perbankan syariah, kami harap para akademisi dapat meneruskan edukasi ini kepada lapisan masyarakat yang lebih luas,” kata Adrian.

Adrian juga mengatakan, ”Kantor Bank Muamalat di IPB akan semakin mendekatkan civitas akdemika pada layanan syariah. Kami harap sarana ini dapat dimanfaatkan secara optimal, sehingga edukasi yang dilaksanakan bersifat komprehensif dari lini teori hingga praktis,” terangnya.

Sementara itu, Rektor IPB mengakui banyak kesamaan visi antara IPB dan Bank Muamalat sebagai pionir bank syariah pertama di Indonesia. ”IPB sangat mendorong perkembangan ekonomi syariah di Indonesia. IPB juga telah membuka program studi Ekonomi Syariah,” terang Herry.

Bahkan, lanjut dia, IPB sudah mengembangan layanan keuangan syariah melalui Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS). ”Kami sudah membeli BPRS yang ada di Dramaga, dengan kepemilikan saham lebih dari 50 persen. Ini salahsatu komitemen IPB turut mendorong pengembangan ekonomi berbasis syariah,” tukasnya.