Segarnya Laba Bisnis Kelapa Muda Ala Thailand

Coconyoy ini ditawarkan dengan harga Rp20 ribu per buah. (Foto: Suut Amdani)
Coconyoy ini ditawarkan dengan harga Rp20 ribu per buah. (Foto: Suut Amdani)

Kota Bogor, BOGOR DAILY** Bisnis kuliner masih prospektif dikembangkan di Indonesia, termasuk Bogor, kota dengan karakteristik padat kunjungan wisatawan saat weekend. Kini, di Bogor diramaikan dengan kuliner pendatang baru, yakni Coconyoy (Coconut Nyoy), kelapa muda dengan beragam isi.

Coconyoy ini bisa ditemukan di gerai Banimi, Jalan Pajajaran, Kota Bogor, persisnya bersebelahan dengan factory Outlet Savero atau seberang Veemer Factory Outlet.

“Selain saya jual di gerai sendiri di Bandung, untuk ekspansi pemasaran Coconyoy lebih luas kami terapkan konsep B2B, jadi gerai kuliner yang sudah eksis pun bisa ikut memasarkan produk Coconyoy,” terang Agung Anugrah owner Coconyoy, Selasa (14/10/14).

Agung mengaku, kuliner kelapa muda dengan isi, terispirasi dengan jajanan di Thailand. “Di Thailand, minuman ini sangat populer. Padahal, kelapa di Thailand juga berasal dari Indonesia, jenis pandan wangi. Saya membawa kembali kuliner ini ke Indonesia, di tempat asalnya,” terang dia.

Bandung, menjadi awal produknya di pasarkan dengan nama Kelapa Batu Itam, mengambil nama dari daerah di Tanjung Pinang. “Nama ini banyak menimbulkan pertanyaan konsumen. Contohnya ‘kelapanya di kasih batu ya?’. Setelah banyak pertanyaan yang aneh-aneh, saya ganti nama Coconyoy,” ungkapnya.

Respon masyarakat terhadap minuman segar dan sehat inipun bagus. Awalnya, lanjut Agung, memang sedikit, sekarang tak kurang dari 150 buah kelapa muda terjual setiap hari.

”Kami yakin, di Bogor juga bakal sukses. Sebab, minuman ini belum ada pesaingnya. Meski Bogor kota hujan, namun tetap saja kuliner tergantung hobi. Minuman dingin tetap segar dikonsumsi dalam segala cuaca,” ujarnya.

Coconyoy ini ditawarkan dengan harga Rp20 ribu per buah. Varian isian yang ditawarkan cukup banyak, seperti Cocodecoco, Loney Vanila, Strawberry Velvet, Milo Cruch, Iychee Rich, Snowy Avocado, Sparkling Cingcau, dan Golden Jack.

Nanda Febriansyah Hasby, pemilik cafe Banimi mengaku optimis produk baru tersebut bakal laris. ”Seiring kesadaran kesehatan makin tinggi di masyarkat, kini mereka memilih kuliner yang sehat. Coconyoy juga punya segmen market khusus, mereka yang tengah diet, dan orang yang suka fitness,” pungkasnya.